Belajar merancang strategi pemasaran bagi pemilik toko

Current Status
Not Enrolled
Price
Rp 200.000
Get Started

Deskripsi Program

Strategi bisnis dalam menjalankan usaha atau toko merupakan hal yang penting untuk menjamin keberlangsungan usaha. Apabila kita berhasil dalam membuat dan mengimplementasikan strategi ini, maka kinerja bisnis juga akan meningkat.

Didalam program pelatihan ini, Anda akan dibimbing untuk membuat strategi serta turunan dari strategi dalam bentuk siasat-siasat pemasaran. Strategi sifatnya luas, maka dari itu kita akan menerjemahkan strategi menjadi program-program pemasaran.

Didalam pelatihan ini juga Anda akan dibekali dengan kemampuan merancang program pemasaran online, yang mana sudah menjadi keniscayaan dalam menjalankan bisnis atau toko dewasa ini. Anda akan dibekali dengan teknik-teknik mengelola pemasaran online seperti pembuatan konten, dan lainnya.

 

Tujuan Pelatihan

Tujuan Pelatihan (Umum)

Di akhir pelatihan, para peserta yang menjalankan usaha dalam bentuk toko akan mampu merancang strategi pemasaran bagi bisnis / tokonya dengan baik dan sistematis, termasuk pemasaran daring dan tatap muka

Tujuan Pelatihan (Khusus)

> Peserta mampu secara bertahap merancang strategi pemasaran yang cocok untuk usaha atau toko nya
> Peserta mampu melakukan analisa lingkungan internal dan eksternal untuk merancang strategi pemasaran
> Peserta mampu menerjemahkan strategi pemasaran menjadi taktik pemasaran daring dan tatap muka
> Peserta mampu mempersiapkan hal-hal yang diperlukan untuk melakukan taktik pemasaran daring dan tatap muka

 

Durasi Pelatihan

1. Manajemen strategi untuk toko (44.00)
• Dasar-dasar manajemen strategik (09.08)
• Analisis lingkungan internal bisnis (09.04)
• Analisis lingkungan eksternal bisnis part 1 (8.39)
• Analisis lingkungan eksternal bisnis part 2 (4.09)
• Perumusan strategi part 1 (4.00)
• Perumusan strategi part 2 (9.46)

2. Dasar-dasar pemasaran (27.44)
• Apa itu pemasaran? 7.46
• Pemasaran online vs Pemasaran offline 7.18
• Omset Ku Tangkap (02.23)
• Sebelum melakukan Promosi (04.25)
• Buyer persona (06.32)

3. Memasarkan produk anda secara online 172.29
• Meningkatkan omset dengan memasarkan produk secara online (04.51)
• Mengetahui Waktu yang Baik Dalam Berjualan (05.37)
• Cara Membuat Judul (05.09)
• Strategi Jualan Lewat Tulisan (03.29)
• Buntu Saat Menulis (04.03)
• Contoh copywriting yang menarik dan siap pakai 30.00
• 5 strategi promosi marketplace yang terbukti menghasilkan 30.00
• Kesalahan online shop 30.00
• Penerapan Copywriting Dalam Pemasaran Online 30.00
• Pemasaran Online Melalui WhatsApp 30.00

4. Memasarkan produk anda secara tatap muka (142.06)
• Dikejar-kejar Konsumen (04.21)
• Attention Getter (02.07) –
• Selling with Benefit (02.40)
• Sales Closing (08.38) –
• Selling Tips (03.00)
• 8 trik menarik perhatian pelanggan (30.00)
• Taktik Memasarkan secara offline: 30.00
• Kesalahan dalam pemasaran offline: 30.00

Total durasi 385 menit

 

Aspek Kompetensi

Pengetahuan (Knowledge)

I. Nama kompetensi (Berdasarkan SKKNI): G.46RIT00.071.1 (Membuat Perencanaan Strategis Pemasaran Ritel)

A. Pengetahuan: Perencanaan strategis pemasaran (Aspek ini bisa dilihat di materi modul 1.1 Dasar-dasar manajemen strategik menit 3.00-7.00)

II. Nama kompetensi (Berdasarkan SKKNI): G.46RIT00.014.1 Menjual Produk dan Pelayanan Ritel

B. Pengetahuan: Penjualan produk dan pelayanan secara daring (online) (Aspek ini bisa dilihat di materi 3.1 Meningkatkan omset dengan memasarkan produk secara online menit 1.00-4.00)

C. Pengetahuan: Teknik bertanya dan mendengarkan aktif (Aspek ini bisa dilihat di materi 4.3 Selling with Benefit menit 1.00-2.00)

 

Keterampilan (Skill)

I. Nama kompetensi (Berdasarkan SKKNI): G.46RIT00.071.1 (Membuat Perencanaan Strategis Pemasaran Ritel)

A. Keterampilan: Melakukan analisa data dan informasi terkait perencanaan strategis pemasaran produk ritel (Aspek ini bisa dilihat di materi 1.3 Analisis lingkungan eksternal bisnis menit ke 4.00-8.00)

II. Nama kompetensi (Berdasarkan SKKNI): G.46RIT00.014.1 Menjual Produk dan Pelayanan Ritel

B. Keterampilan: Mengidentifikasi tanda-tanda (signal) pembelian dari pelanggan (Aspek ini bisa dilihat di materi 4.4 Sales Closing menit ke 3.00-7.00)

Sikap (Attitude)

I. Nama kompetensi (Berdasarkan SKKNI): G.46RIT00.071.1 (Membuat Perencanaan Strategis Pemasaran Ritel)

A. Sikap: Teliti dan detail dalam membuat analisa dan rencana strategis bisnis ritel (Aspek ini bisa dilihat di materi modul 1.1 Dasar-dasar manajemen strategik menit 3.00-7.00)

II. Nama kompetensi (Berdasarkan SKKNI): G.46RIT00.014.1 Menjual Produk dan Pelayanan Ritel

B. Sikap: Komunikatif saat berkomunikasi dengan seluruh pemangku kepentingan (stakeholders) (Aspek ini bisa dilihat di materi 4.2 Attention Getter menit 00.30-02.00)

 

 

Metode Ajar

LMS

 

Jadwal Mingguan Konsultasi dengan Tenaga Pelatih

Jumat, pukul 8.00-9.00 WIB (60 menit) bersama Arif Hidayat

 

Kelompok Sasaran

Orang yang bekerja atau ingin bekerja di toko atau sebagai pemilik toko

Persyaratan:
1. Peralatan yang harus dimiliki laptop atau handphone untuk mengikuti kelas
2. Memiliki produk atau jasa yang ingin dipasarkan

 

Lembaga Pelatihan

MDIMDI Tack Training adalah perusahaan pelatihan yang sudah ada di Indonesia selama lebih dari 28 tahun. MDI telah dipercaya oleh lebih dari 1000 profesional di Indonesia untuk mengembangkan kompetensinya. Program kami sangat praktis dan tentunya dapat membantu anda dalam mengembangkan kemampuan anda sebagai profesional.  

 

Fasilitator Program

Arif Hidayat, S. S telah berpengalaman lebih dari 5 tahun sebagai praktisi UMKM yang bergerak dibidang kuliner sebagai pemilik Bunda Zahir’s Corner dan telah membantu berbagai UMKM di Indonesia seperti Somay LeeLoo, DutaPisang, TomaTomi dan masih banyak lagi. Selain aktif di dunia UMKM, Arif Hidayat juga aktif sebagai penulis buku yang berjudul Jodoh Pasti Bertemu dan How to build a billionaire dollar Startup.